Rabu, 26 Juni 2013

Kumpulan tongue twister

Apa itu tongue twister? Secara harfiah, ke bahasa Indonesia akan diartikan sebagai pembelit lidah. Tidak aneh, sebab ketika mengucapkan kalimat-kalimat atau tuturan tongue twister seringkali lidah akan terbelit-belit atau belibet. Selain itu toungue twister bisa juga  didefinisikan sebagai "A phrase that designed to be difficult to articulate properly" sebuah tuturan yang diatur/ditata/dirancang sedemikian rupa sehingga sulit untuk diartikulasikan sebagaimana mestinya’. Saya memilih tongue twister sebagai alat latihan
karena sangat cocok dan bagus untuk melatih kemampuan pronounciation atau pengucapan/artikulasi tuturan. Latihan artikulasi tuturan ini adalah dasar yang sangat penting bagi keterampilan speaking ‘berbicara’.
Dari berbagai pengertian di atas dapat  kita simpulkan bahwa Tongue Twister adalah urutan kata-kata yang sulit diucapkan dengan cepat dan benar. Tongue twister digunakan untuk meningkatkan kualitas pronunciation khususnya buat non-native speaker. Berikut adalah beberapa contoh Tongue twister yang biasa digunakan dalam kegiatan di dalam kelas.


Swan swam over the pond, Swim swan swim!
Swan swam back again  Well swum swan!

Peter Piper picked a peck of pickled peppers
A peck of pickled peppers Peter Piper picked.

A tutor who tooted the flute
tried to tutor two tooters to toot.

Purple, paper, people
Purple, people, paper
People, purple, paper.

The sixth sick sheik's sixth sheep's sick.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar